Tugas psikoterapi 4 (StraTegi psikologikesehatan diri )

Strategi Psikologi untuk kesehatan diri

Posted by on Feb 24, 2011 psikologi

Dunia kedokteran dan psikologi semakin hari semakin erat bercengkrama. Di mana awalnya sebuah penyakit dipahami hanya semata-mata disebabkan oleh faktor fisik, namun dewasa ini telah banyak penemuan yang menguatkan besarnya peran status psikologis di dalamnya. Maka, perlu bagi siapapun yang sakit fisik maupun psikologis mempelajari strategi psikologi yang mendukung kesehatan dirinya.

Ada banyak strategi yang bisa ditempuh, salah satunya bernama Statement Technique. Statement Technique bisa menjadi pondasi permulaan. Sebab tentunya bagi seorang muslim, sebuah penyakit tidak sekedar dilihat sebagai penyakit itu adanya, akan tetapi teguran Allah agar dirinya bertaubat serta membersihkan diri dari berbagai dosa yang dilakukannya.

Caranya bagaimana?

Mari ambil contoh misalkan sakit kepala, bisa juga masalah perasaan seperti sakit hati sebab putus cinta, dikecewakan, atau yang lainnya.

Langkah-langkahnya:

  • ambil posisi yang nyaman.
  • ambil napas dari hidung, buang sebanyak-banyaknya dari mulut. Ulang teknik napas ini sampai diri anda merasa tenang dan rileks. atau bisa gunakan cara relaksasi lain agar bisa mencapai kondisi Alpha/khusyuk.
  • Sadari adanya perasaan tidak nyaman dalam diri. Contohnya perasaan sakit hati sebat di putus pacar. Sadari hadirnya perasaan sakit itu, seberapa dalam sakitnya, rasakan, sadari, akui adanya perasaan itu dalam diri Anda. Boleh juga langsung di tambahkan teknik mengkalkulasikan seberapa besar derajat sakitnya. Katakanlah skor 0 itu tidak sakit, skor 10 sakit banget. intinya, sadari adanya perasaan sakit itu.
  • setelah itu, bernapas senyaman mungkin, lalu katakan statement berikut (kata-kata yang berhuruf besar bisa diganti sesuai keluhan Anda): “Walaupun saya SAKIT HATI INI SEBAB PUTUS CINTA/ SAKIT KEPALA, saya tetap pasrah padaMu ya Allah dan saya tetap menerima dan mencintai diri saya sepenuhnya. Saya mengijinkan dan memutuskan untuk melepas semua emosi negatif yang berhubungan dengan RASA SAKIT HATI /SAKIT KEPALA INI, sekarang dan sekaligus dengan cara yang mudah dan membahagiakan, demi kemajuan hidup saya “. Intinya begitu, pilihan kata-kata yang lebih pas degan diri anda. Bisa disesuaikan sesuai selera dan kenyamanan.
  • langkah ke empat, di ulang-ulang 2 atau 3 kali sampai merasa lebih nyaman. Semuanya butuh proses, biasanya setelah melakukan deklarasi statement tadi, derajat sakitnya dah berkurang drastis. katakanlah tadinya skor 9, sudah jadi 4 atau 3. Insyallah bisa ternetralisir sampai nol asal tekun terus melakukannya.

Semoga Strategi Psikologi di atas bisa bermanfaat bagi kesehatan diri dan orang yang anda cintai disekitar anda. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s